Senin, 11 Mei 2009

Tabela Baytani

Sekali lagi, inilah beberapa bukti bahwa Indonesia tidak pernah kekurangan warga pintar, kreatif dan inovatif. Alat-alat aplikatif dan benda-benda fungsional yang tercipta dari ide-ide segar dan bernas dari pemikiran sejumlah anak bangsa tak selalu kalah dengan produk luar negeri.

Harmani Djiwowinoto contohnya. Sebagai seorang Manajer Pengembangan Produk PT Bayer, ia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap rendahnya produksi pertanian lokal. Rendahnya produksi pertanian padi di beberapa daerah sentra beras Indonesia, mendorongnya untuk berpikir keras mencari solusi. Akhirnya ditemukannya jawaban. Kelemahan sistem tanam padi tradisional yang bersistem tebar benih dan pindah tanam, diatasinya lewat penciptaan alat yang dinamainya Tabela Baytani atau alat Tanam Benih Langsung Bayer dan Petani. Alat ini telah diakui secara internasional di Jerman dan memperoleh penghargaan tertinggi mengalahkan sekitar 2400 karya cipta ilmuwan luar negeri.

Lewat serangkaian uji coba di beberapa areal pertanian yang berbeda-beda karakter di Nusantara, Tabela Baytani menunjukkan kinerja yang mengagumkan. Tabela Baytani mampu menghemat bibit padi dari 60-100 kg per hektar menjadi cukup 25 kg per hektar. Begitu pula dengan potensi kehilangan benih akibat hujan dan termakan burung, serta manajemen air. Semuanya selain mampu menghemat tenaga dan waktu, juga biaya dari 500-700 ribu rupiah hingga hanya menjadi 20 ribu rupiah per hektar. Yang patut diacungi jempol, saat telah mampu memproduksi sekitar 400 unit Tabela Baytani, seluruhnya didistribusikan pada kelompok-kelompok tani di berbagai daerah secara gratis!

Selain Harmani Djiwowinoto, masih banyak lagi sebenarnya penemu atau pencipta Indonesia yang karyanya mampu “bersuara” di dunia internasional dan beberapa di antaranya tampil di Kick Andy. Baik di bidang rekayasa, seni, robotik, hingga desain.
Mau tahu siapa saja dan seperti apa hasil karya mereka? Simak di Kick Andy pada minggu ini.

Berita ini diambil dari : KICK ANDY

2 komentar:

abie mengatakan...

bagaimana mendapatkan tabela baytani untuk praktek anak SMK
abie_sitok@yahoo.co.id

CAH_CURUG mengatakan...

kami mengunakan alat tersebut.tapi biaya untuk penyiangan rumputnya jauh lebih mahal dari biaya yang sudah di hemat dengan alat Baytani. gimana ya