Rabu, 17 Desember 2008

Rudi Hartono Kurniawan

"Harapan saya, penghargaan ini bisa menjadi teladan bukan saja bagi olahraga tetapi juga bagi semua bidang. Indonesia akan lebih harum namanya jika punya orang-orang yang berprestasi di tingkat dunia. Itu merupakan aset yang mengubah pandangan dunia terhadap Indonesia,"

Begitu ungkapan Rudi Hartono, maestro bulu tangkis Indonesia ketika menerima penghargaan sebagai Asian Hero dari majalah Time pada November 2006.

Predikat Pahlawan Asia (Asian Hero) dari majalah Time gak sembarangan diberikan loh.. Di level Asia, penghargaan ini diberikan kepada nama-nama besar seperti Mahatma Gandhi, Den Xioping, dan Dalai Lama. Dan dari Indonesia, baru dua orang yang pernah terpilih, yaitu Rudi Hartono dan (alm) Muhammad Hatta, Bapak Pembangunan kita. Bisa dilihat seberapa besar kaliber penghargaan ini. Salut...

Rudi Hartono terpilih untuk mendapatkan penghargaan ini karena prestasi yang konsisten selama bertahun-tahun. Jelas sekali prestasi pria kelahiran Surabaya 18 Agustus 1949 ini belum tersaingi. Guinness Book of Record (sekarang Guinness World Records) bahkan masih mencatat nama Rudi Hartono sebagai juara All England delapan kali dengan tujuh di antaranya diraih berturut-turut. Selain itu, Rudi Hartono juga menjadi anggota tim Piala Thomas terlama yakni sejak tahun 1967 sampai 1982. Bahkan hingga kini, Rudi masih menjabat sebagai Executive Board di Badminton World Federation.

Daftar prestasi pada kejuaraan All England :
1968: Menang - mengalahkan Tan Aik Huang, (Malaysia)
1969: Menang - mengalahkan Darmadi (Indonesia)
1970: Menang - mengalahkan Svend Pri (Denmark)
1971: Menang - mengalahkan Muljadi (Indonesia)
1972: Menang - mengalahkan Svend Pri (Denmark)
1973: Menang - mengalahkan Christian Hadinata (Indonesia)
1974: Menang - mengalahkan Punch Gunalan (Malaysia)
1975: Kalah - dikalahkan Svend Pri (Denmark)
1976: Menang - mengalahkan Liem Swie King (Indonesia)
1977: - Tidak ikut
1978: Kalah - dikalahkan Liem Swie King (Indonesia)

Sekarang mungkin saatnya kita bertanya
"Apakah yang sudah kita berikan bagi negara kita?"

1 komentar:

Q mengatakan...

Salah satu tokoh hebat lagi dari Indonesia..

Harus benar2 bangga neh jadi org Indonesia :D