Minggu, 14 Desember 2008

Bengawan Solo.....mengalir sampai jauh.....

Gw yakin kita semua pasti tahu lagu Bengawan Solo karangan pencipta lagu Indonesia legendaris "Gesang" ?

Bagi kita, generasi muda bangsa ini, lagu Bengawan Solo mungkin hanya lagu selintas yang terdengar sekali -sekali dan kita ketahui pada saat pelajaran sejarah di sekolah kita...

Tapi apakah kita semua tahu, bahwa lagu ini ternyata sudah diterjemahkan di berbagai macam bahasa dan bahkan dijadikan sebagai latar belakang lagu dalam berbagai film mancanegara!!

Berikut kita bisa lihat, bagaimana lagu Bengawan Solo dinyanyikan dalam bahasa Jepang, dan menjadi lagu dari film "NORA INU (Stray Dog)" besutan sutrdara legendaris Jepang AKIRA KUROSAWA pada tahun 1949..



Dan baru - baru ini, film asal Cina yang berjudul "The Moon Also Rises" produksi tahun 2005, juga menggunakan lagu Bengawan Solo yang ditranslasi dalam bahasa Mandarin sebagai latar belakang lagu dalam salah satu adegannya.



Patut ditanyakan kepada diri kita masing, ketika film Indonesia sudah mengalami kebangkitan beberapa tahun belakangan ini, apakah ada salah satu dari film tersebut yang menggarap lagu - lagu lama seperti Bengawan Solo untuk diturutsertakan dalam filmnya?

Apakah kita sebagai generasi muda bangsa ini, masih peduli akan keberadaan lagu - lagu legendaris seperti lagu Bengawan Solo ini?

Satu hal yang pasti..lagu Bengawan Solo ini benar-benar telah mengalir sampai jauh.......

Salut kepada Bpk. Gesang :D

2 komentar:

~Arzero Luna~ mengatakan...

weitz.. jd curiga gw lo bisa tau² beginian dud.. darimana?? hayooo.. haha.. eniwei, keep on writing.. sejak kapan lo akirnya mencintai dunia tulis menulis? ahuyy..

mang mengatakan...

salut buat om Gesang.
maybe someday lagu Bengawan Solo dibuat versi orchestra bakal keren banget yey...